Pengertian Web Semantik

Pengertian Web Semantik
       Semantic web atau web semantik merupakan salah satu perkembangan pada aplikasi web. Menurut bahasa, web semantik mempunyai arti web yang memiliki makna. Dengan kata lain, web semantik merupakan suatu aplikasi web yang mempunyai knowledge base tertentu sehingga bisa dikatakan web semantik mempunyai sifat lebih pintar dari web sebelumnya. Salah satu contoh dari web semantik adalah web tersebut bisa merekomendasikan sesuatu kepada user sesuai dengan interest usernya masing-masing. Dengan demikian, bisa jadi ketika beberapa orang mengakses satu alamat web yang sama, konten atau isi dari halaman web tersebut tidak akan sama. Salah satu contoh dari web semantik adalah igoogle. Ketika pertama kali membuka igoogle, kita akan diminta untuk mengisi lokasi tempat kita berada, setelah itu baru kita menuju ke halaman beranda igoogle. Dengan demikian, bisa jadi isi dari halaman beranda igoogle akan berbeda-beda sesuai dengan lokasi yang diisikan sebelumnya, baik itu dari isi berita, suhu udara, dan yang lainnya.
Web semantic atau semantik web dicetuskan pertama kali oleh Tim Berners-Lee pada tahun 2001. Web semantik sering disebut sebagai web versi 3.0. Dalam pembuatan aplikasi web semantik tidak semudah membuat aplikasi web biasa. Untuk membuat web semantik terdapat beberapa teknologi yang perlu dipelajari, diantaranya adalah RDF, ontologi, query RDF, RDF Store, dan masih banyak lagi yang perlu dipelajari.
Contoh Web Semantic "Siapa Presiden Pertama Indonesia ?" Maka jawaban dari web Semantik  "Soekarno"  Mudah kah ituu?

1. SIOC ( http://sioc-project.org/ ) Adalah komunitas yang berusaha mewujudkan semantic website yang tengah berjuang membantu kita menciptakan web cerdas yang mana kelak pencarian info di internet menjadi jauh - jauh sangat mudah.
2. Yahoo’s Food Site, Spivack’s Radar Networks, dan sebuah development platform, Jena, di Hewlett-Packard.
3. Second Life merupakan dunia virtual berbasis Internet. Mungkin di masa depan kita bisa hidup di dunia virtual itu yaitu di internet karena memang kehidupan di dalam Second Life meniru apa saja yang dilakukan oleh Anda dan yang ada di dunia nyata ini, dimana kita bisa berteman, melakukan aktivitas, berbicara dengan teman Anda, bertukar opini, bahkan berbisnis dan lain-lainnya yang ada di dunia ini. 


Dan ada kelebihan  dalam Web Semantik.

Kelebihan Web Semantik

***1. Prediction & Action (Prediction & Action)
Semantik web telah membuat kemungkinan prediksi dari berbagai cara, yaitu seperti operasi otomatis (automated operasion) seperti menyelesaikan semua kebutuhan untuk perjalanan seperti mengisi personal record. Semantic web dapat didefenisikan sebagai web informasi di internet dan intranet  yang berisi karakteristik.
Semantic web digunakan untuk perencanaan logistik dalam operasi militer. Militer Amerika Serikat yang pertama menerapkannya.
2. Health Care (Kesehatan) & Life Science (Ilmu Pengetahuan)
Pada bidang Health Care and Life Science semantic web digunakan untuk data dari  berbagai sumber dan beberapa aplikasi karena ketidak lengkapan data tersebut.

3. Engineering Analysis (Analisis Teknik)
Pada Engineering Analisis semantic web terlibat dalam menangani data set yang rumit yang tidak terhitung jumlahnya



Source :

http://semanticca.blogspot.co.id/2016/07/kelebihan-semantic-web-web-semantic.html

http://erfansubhana.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-semantik-web.html

Raharjo,Budi.Modul Pemrograman Web.Bandung:penerbit MODULA – bandung

Komentar

Postingan Populer