PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
PT My Icon
Technology
PT My Icon Technology sebagai
Unit Bisnis Modern Retail yang memiliki beberapa divisi penjualan seperti
direct selling, retail store, dan online store pada tahun 2014 lebih
memfokuskan usahanya pada E-Commerce setelah sebelumnya fokus pada modern
channel. Seiring dengan merek METRODATA yang sudah dikenal oleh publik,
Perseroan mengubah nama dua divisi lainnya dengan menyertakan nama Perseroan
yaitu METRODATA Store dan METRODATA Online. Perubahan merek tersebut telah
meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke situs Perseroan dengan
peningkatan lalu lintas mencapai di atas 20 kali jumlah pengunjung rata-rata
per bulannya hingga akhir 2014.
Agar bisnis ritel dan online dapat
saling terhubung dan saling melengkapi satu sama lain sebagai jalur penjualan
yang bisa lebih berkembang lagi. Perseroan juga terus meningkatkan gaung
METRODATA Online dengan menggunakan jalur melalui media sosial sehingga bisa
menjadi salah satu media penjualan online yang unggul dan direkomendasikan oleh
para pelanggan.
Saat ini, METRODATA Store menawarkan
aneka perangkat komputer dan asesoris dengan merek terkenal dan terpercaya
seperti notebook, all in one PC, printer, smartphone, tablet, speaker,
headphone, mouse, ink dan lain-lain. Untuk menarik perhatian pelanggan,
METRODATA Store juga melakukan berbagai kegiatan seperti promosi maupun
kegiatan serta kemudahan dalam pembayaran dengan menggunakan cara tunai, kartu
kredit maupun program cicilan.
agar METRODATA Online menjadi toko
online yang terpercaya dan menjadi pilihan pertama pembeli untuk memenuhi
berbagai macam kebutuhan produk TIK.
Profil Perusahaan:
PT. My Icon
Technology merupakan anak perusahaan P.T. Metrodata Electronics, Tbk
(“Perseroan”) yang telah berkiprah di bidang teknologi informasi dan
komunikasi sejak tahun 1975.
Dengan pengalaman
lebih dari 41 tahun di bidang teknologi informasi dan komunikasi, METRODATA
selalu menyertai perjalanan bisnis para pelanggannya. Tangan-tangan profesional
setiap karyawan METRODATA terus berkarya menghasilkan inovasi untuk menjawab
tantangan perubahan zaman.
Tahun 2010, dalam
kontes pemilihan “The Most Powerful Companies” Per Sektor Industri di Majalah
Warta Ekonomi, Perseroan berhasil menempati urutan Pertama untuk kategori
sektor Trade, Service & Investment dalam sub sektor Computer and Services.
Tahun 2009, Perseroan mendapat Ranking 1 Sektor Elektronika serta peringkat 11
dari Seluruh Emiten Tahun 2009 versi Majalah Investor. Sedangkan di tahun 2008,
Perseroan menerima penghargaan sebagai The Best Listed Company 2008 – Emiten
Dengan Kinerja Terbaik Sektor Elektronika yang diberikan oleh Majalah Investor
dan Globe Media Group.
Visi Perusahaan:
Sebagaimana umumnya
perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, Perseroan memiliki seperangkat prinsip
panduan yang menjadi acuan bagi manajemen maupun karyawan dalam mengembangkan
strategi Perseroan serta dalam membangun reputasi Perseroan. Visi dan Budaya
Perusahaan Perseroan tercermin dengan baik dalam pernyataan berikut:
Visi Perseroan :
Memaksimalkan nilai bagi pemangku
kepentingan dan membangun lingkungan yang ideal untuk bekerja.
Budaya Perusahaan
Bagi METRODATA budaya perusahaan
bukan sekedar pajangan atau rumusan kata-kata yang semu tetapi merupakan jiwa
dan roh yang menjadi pegangan sumber daya manusia dalam menjalankan
kewajibannya, pedoman bertindak dan berperilaku dalam organisasi, serta
pembimbing METRODATA dalam mencapai tujuannya.
Budaya perusahaan terutama sangat
penting bagi perusahaan teknologi seperti METRODATA untuk tetap fokus seraya
bertumbuh di lingkungan persaingan bisnis yang dinamis dan berubah dengan cepat
serta tantangan globalisasi yang menuntut organisasi yang kuat, lincah dan
unggul.
Efektif sejak 1
Januari 2013, METRODATA telah secara bertahap merumuskan dan mensosialisasikan
pengamalan budaya perusahaan yang baru yang diterjemahkan ke dalam TIGA pilar
utama Integritas, Profesionalisme dan Entrepreneurship beserta LIMA BELAS
prinsip tindakan.
PILAR UTAMA 1 |
INTEGRITAS
Integritas adalah konsistensi dalam
bertindak sesuai dengan norma-norma moral, etika, dan hukum, serta berkomitmen
untuk senantiasa menjaga dan memeliharanya.
Perusahaan yang
tidak memiliki integritas sebagai fondasinya biasanya tak akan bertahan lama.
Karena itu nilai ini menjadi yang pertama dan utama dan harus dimiliki,
dihayati dan diamalkan oleh setiap karyawan. Pada tingkat korporasi, integritas
merupakan salah satu praktik dalam pelaksanaaan Tata Kelola Perusahaan yang
Baik.
Prinsip-prinsip
Integritas dalam tindakan:
1. Jujur,beretika,bertanggungjawabdandapat ipercaya
2. Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3. Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4. Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5. Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
1. Jujur,beretika,bertanggungjawabdandapat ipercaya
2. Satu kata dan satu tindakan, berdasarkan data dan fakta
3. Mempunyai rasa memiliki terhadap Perseroan
4. Menjaga kepatutan dan nama baik Perseroan
5. Menghargai pihak yang telah berjasa kepada Perseroan
PILAR UTAMA 2 |
PROFESIONALISME
Profesionalisme
adalah sikap, perilaku, dan tindakan yang menunjukkan pengetahuan, kompetensi
dan keterampilan yang tinggi yang dikembangkan terus menerus dalam menghadapi
tantangan dan mensukseskan Perseroan.
Ketika menggunakan
produk-produk dan jasa-jasa METRODATA, pelanggan mengharapkan kualitas
pelayanan yang terbaik dari METRODATA sehingga mampu meningkatkan produktifitas
dan kesejahteraan mereka. Karena itu setiap karyawan METRODATA dituntut untuk
senantiasa profesional.
Prinsip-prinsip
Profesionalisme dalam tindakan:
1. Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3. Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
4. Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5. Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan
1. Memberi solusi dan pelayanan yang prima
2. Memiliki kedisiplinan yang tinggi
3. Terus menerus meningkatkan kemampuan dan pengetahuan untuk mendukung kinerja
4. Memiliki kecakapan dalam memecahkan masalah
5. Mampu bekerjasama dalam tim serta bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan
PILAR UTAMA 3 |
ENTREPRENEURSHIP
Entrepreneurship adalah semangat dan
jiwa wirausaha yang menggelora untuk terus melakukan perubahan ke arah yang
lebih baik, mampu mengeksekusi ide menjadi kenyataan, berani mengambil
inisiatif, tidak takut dengan kegagalan, dan mampu mengelola hubungan yang
harmonis antar pemangku kepentingan.
Perusahaan yang
akan unggul dan langgeng dimasa depan adalah perusahaan yang memiliki sumber
daya manusia yang berjiwa entrepreneur. Tanpa energi entrepreneurship, sebuah
perusahaan, apalagi perusahaan teknologi seperti METRODATA terancam menjadi
tidak relevan di tengah era persaingan yang sengit.
Prinsip-prinsip Entrepreneurship dalam
tindakan:
1. Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2. Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3. Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
4. Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5. Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan
1. Memiliki wawasan yang luas, kreatif dan inovatif
2. Jeli melihat dan menciptakan peluang baru
3. Mencari solusi terbaik untuk mengatasi setiap tantangan yang muncul
4. Senantiasa menghasilkan gagasan baru yang siap diterapkan
5. Berani mengambil resiko yang terukur dalam setiap keputusan
(Informasi
mengenai Bidang Spesifikasi IT dari Perusahaan ini)
Produk Perusahaan
:
Notebook, Netbook, Printer, Storage,
Gadget, Tablet PC, Smartphone, Desktop, LCD Monitor, Mouse, Networking, Power,
Multimedia, Tas, Softcase, Antivirus, Operating System, Design Software,
Server, dan sebagainya.
Kami menjual
produk – produk dengan di dukung oleh merk – merk terkenal seperti: Microsoft,
Epson, Canon, Brother, Asus, Acer, HP, Lenovo, Samsung, Toshiba, Sennheiser,
Philips, Spark, Logitech, Norton, San disk,Kingston, Auto desk, Fujitsu,
Emerson, IBM, Targus, Huawei,Thonet & Vander, Edifier, LG, Black Berry,
Nokia, Sony, dan lain – lainnya.
(Informasi
mengenai Ruang Lingkup Area Bisnis dari Perusahaan ini)
Ruang Lingkup
Perusahaan:
Disamping web store perseroan juga
mempunyai modern retail store (“My I”) di beberapa lokasi seperti Metropolitan
Mall Bekasi, Supermall Karawaci Tangerang yang dapat mempermudah jika customer
ingin melihat – lihat barang yang diminati. Perseroan juga mengelolah penjualan
produk IT di beberapa outlet modern channel seperti Carrefour Lebak Bulus,
Depok, Ciledug, MT Haryono, Kasablanka, Ambasador, Pluit Village, Emporium,
Central Park, Tangerang City, Taman Mini, Bekasi Harapan Indah, Cikarang,
Palembang, Medan, Makasar, Pekalongan, Cirebon, Srondol, Semarang, Yogya dan
Magelang serta Lotte Taman Surya, Kuningan City, Gandaria City, Fatmawati.
Komentar
Posting Komentar