Perusahaan yang membantu perekonomian nasional


PERKEMBANGAN E-HEALTH DI INDONESIA




PENGERTIAN

E-HEALTH adalah bidang yang muncul bidang  yang muncul sebagai intereksi antara informatika medis, kesehatan masyarakat dan bisnis, mengacu pada pelayanan kesehatan dan informasinya yang disampaikan atau ditingkatkan melalui internet dan teknologi  terkait.  Dalam arti yang lebih luas, istilah karakteristik tidak hanya mengacu pada pengembangan teknis, tetapi juga cara berpikir, sikap, dan komitmen  untuk jaringan, berpikir global, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara lokal, regional, dan seluruh dunia dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.
PENDAHULUAN

                Di Indonesia sendiri penggunaan teknologi informasi untuk bidang kesehatan telah diatur dalam UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan, dimana untuk menyelenggarakan upaya kesehatan yang efektif dan efisien diperlukaninformasi kesehatan yang dilakukan melalui sistem informasi dan melalui lintas sektor. Penerapan e-health di indonesia telah mulai dilaksanakan, dengan kerjasama antarinstansi rumah sakit, pemerintahan, universitas, swasta, dan penyedia jasa telekomunikasi. Beberapa rumah  sakit pemerintah sudah mulai menerapkan sistem informasi rumah sakit, walaupun masih digunakan untuk keperluan internal institusi rumah sakit. Mulai 2011 pemerintah indonesia telah menerapkan e-ktp (Elektronik Kartu Tanda Penduduk), teknologi tersebut dapat di gunakan untuk mendukung e-health, dengan cara menyimpan data kesehatan singkat pemegang e-ktp tersebut.
 Perkembangan e-health di Indonesia, tidak seperti contohnya Eropas, New Zealand, Perancis, dan negara Barat lainnya, belum menunjukkan perkembangan yang pesat. Memang tanda-tanda menuju ke sana sudah mulai terlihat dengan semakin maraknya kajian mengenai dunia informatika keddokteran, milis-milis kedokteran yang bertebaran di internet, juga situs-situs kesehatan dan dunia medis yang mulai banyak di bangun.
KONSEP PERKEMBANGAN E-HEALTH SAAT INI

Kata E-health terdiri dari “E  (electronic)” yang berarti elektronik dan “health” yang berarti kesehatan masyarakat secara umum. Istilah E-health mulai muncul pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Teknologi telekomunikasi yang digunakan pada mulanya adalah teknologi telepon analog, yang digunakan untukkonikasi antara pasien dan dokter, layanan rumah sakit, dan pertukaran data electrodiagrams. Pada masa ini, teknologi tersebut kemudian di kenal, dengan istilah telemedicine. Penerapan teknologi masih terkendala pada keterbatasan lebar pita (bandwidth) jalur komunikasi, sehingga masih banyak diperlukan penyempurnaan dari berbagai macam aspek. Sejalan dengan perkembangan infrastruktur telekomunikasi dan komputer, maka maslah besaran jalur pita dapat teratasi, sehingga data multimedia dapat diperlukan.

Peluang terbesar untuk menerapkan e-health di Indonesia adalah dengan teknologi m-health dan telemedicine. Layanan dasar untuk telepon selular harus dapat digunakan untuk voice dan SMS (Short Message Service), tambahnya adalah akses ke data. Dengan dua layanan tersebut, informasi layanan kesehatan dapat di distribusikan. Hal Departemen Kesehatann dan Departemen Pendidikan sebagai penyedia sumber informasi kesehatan termasuk pemegang data rekam medis pasien, dan Departemen Komunikasi dan Informatika yang mengkoordinir infrastruktur telekomunikasi dan teknologi informasi yang akan digunakan. Jika dihungkan dengan Departemen Kependudukan dan Catatan Sipil maka fasilitas e-ktp dapat digunakan untuk menyimpan data rekam medis terakhir bagi setiap penduduk.

                Secara umum sekarang pengertian E-health adalah suatu layanan masyarakat dalam bentuk aplikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi di hubungkan dengan keseluruhan elemen fungsional pendukung sektor kesehatan. Sampai sekarang perkembangan E-health sampai saat ini mencakup sebagai berikut :


E-Health Web Alodokter
                






Platform Kesehatan Terpercaya No.1 Di Indonesia
Alodokter adalah perusahaan kesehatan digital nomor satu di Indonesia dengan lebih dari 18 juta pengguna aktif setiap bulannya. Kehadiran Alodokter di Indonesia sejak 2014 lalu telah mengubah poros layanan kesehatan Indonesia secara signifikan dalam penyediaan informasi medis yang mudah dipahami, akurat, dan dapat diakses oleh siapa saja. Semua informasi disusun oleh tim dokter dalam bahasa Indonesia.

Menyediakan Layanan Kesehatan Yang Dapat Diakses Oleh Seluruh Lapisan Masyarakat Sebagai perusahaan dengan pertumbuhan tercepat se-Asia Tenggara, layanan medis Alodokter terintegrasi secara lengkap untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia: konten kesehatan terkini, chat bersama dokter, online booking platform untuk konsultasi dengan dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan, dan platform yang didedikasikan khusus untuk para dokter Indonesia guna meningkatkan kualitas layanan terbaik.

Alodokter - Masa Depan Kesehatan Indonesia Yang Berkualitas Seluruh layanan Alodokter tersedia dalam versi web dan mobile app dengan respon layanan cepat, serta dukungan dokter umum maupun spesialis berpengalaman yang tersebar di seluruh Indonesia. Alodokter membantu masyarakat Indonesia dalam membuat keputusan terbaik terkait kesehatan diri dan keluarga tercinta.
Terakhir diperbarui: 20 Agustus 2018


Referensi ;



Komentar

Postingan Populer