Perusahaan yang membantu perekonomian nasional
PERKEMBANGAN E-HEALTH DI INDONESIA
PENGERTIAN
E-HEALTH adalah bidang yang
muncul bidang yang muncul sebagai intereksi antara informatika medis,
kesehatan masyarakat dan bisnis, mengacu pada pelayanan kesehatan dan
informasinya yang disampaikan atau ditingkatkan melalui internet dan
teknologi terkait. Dalam arti yang lebih luas, istilah
karakteristik tidak hanya mengacu pada pengembangan teknis, tetapi juga cara
berpikir, sikap, dan komitmen untuk
jaringan, berpikir global, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan secara lokal,
regional, dan seluruh dunia dengan menggunakan teknologi informasi dan
komunikasi.
PENDAHULUAN
Di Indonesia sendiri penggunaan
teknologi informasi untuk bidang kesehatan telah diatur dalam UU No. 36 Tahun
2009 tentang Kesehatan, dimana untuk menyelenggarakan upaya kesehatan yang
efektif dan efisien diperlukaninformasi kesehatan yang dilakukan melalui sistem
informasi dan melalui lintas sektor. Penerapan e-health di indonesia telah
mulai dilaksanakan, dengan kerjasama antarinstansi rumah sakit, pemerintahan,
universitas, swasta, dan penyedia jasa telekomunikasi. Beberapa rumah
sakit pemerintah sudah mulai menerapkan sistem informasi rumah sakit, walaupun
masih digunakan untuk keperluan internal institusi rumah sakit. Mulai 2011
pemerintah indonesia telah menerapkan e-ktp (Elektronik Kartu Tanda Penduduk),
teknologi tersebut dapat di gunakan untuk mendukung e-health, dengan cara
menyimpan data kesehatan singkat pemegang e-ktp tersebut.
Perkembangan e-health di
Indonesia, tidak seperti contohnya Eropas, New Zealand, Perancis, dan negara
Barat lainnya, belum menunjukkan perkembangan yang pesat. Memang tanda-tanda
menuju ke sana sudah mulai terlihat dengan semakin maraknya kajian mengenai
dunia informatika keddokteran, milis-milis kedokteran yang bertebaran di
internet, juga situs-situs kesehatan dan dunia medis yang mulai banyak di
bangun.
KONSEP PERKEMBANGAN E-HEALTH SAAT INI
Kata E-health terdiri dari
“E (electronic)” yang berarti elektronik dan “health” yang berarti
kesehatan masyarakat secara umum. Istilah E-health mulai muncul pada akhir abad
ke-19 dan awal abad ke-20. Teknologi telekomunikasi yang digunakan pada mulanya
adalah teknologi telepon analog, yang digunakan untukkonikasi antara pasien dan
dokter, layanan rumah sakit, dan pertukaran data electrodiagrams. Pada masa
ini, teknologi tersebut kemudian di kenal, dengan istilah telemedicine.
Penerapan teknologi masih terkendala pada keterbatasan lebar pita (bandwidth)
jalur komunikasi, sehingga masih banyak diperlukan penyempurnaan dari berbagai
macam aspek. Sejalan dengan perkembangan infrastruktur telekomunikasi dan
komputer, maka maslah besaran jalur pita dapat teratasi, sehingga data
multimedia dapat diperlukan.
Peluang terbesar untuk menerapkan
e-health di Indonesia adalah dengan teknologi m-health dan telemedicine.
Layanan dasar untuk telepon selular harus dapat digunakan untuk voice dan SMS
(Short Message Service), tambahnya adalah akses ke data. Dengan dua layanan
tersebut, informasi layanan kesehatan dapat di distribusikan. Hal Departemen
Kesehatann dan Departemen Pendidikan sebagai penyedia sumber informasi
kesehatan termasuk pemegang data rekam medis pasien, dan Departemen Komunikasi
dan Informatika yang mengkoordinir infrastruktur telekomunikasi dan teknologi
informasi yang akan digunakan. Jika dihungkan dengan Departemen Kependudukan
dan Catatan Sipil maka fasilitas e-ktp dapat digunakan untuk menyimpan data
rekam medis terakhir bagi setiap penduduk.
Secara
umum sekarang pengertian E-health adalah suatu layanan masyarakat dalam bentuk
aplikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi di hubungkan dengan keseluruhan
elemen fungsional pendukung sektor kesehatan. Sampai sekarang perkembangan
E-health sampai saat ini mencakup sebagai berikut :
E-Health Web Alodokter
Platform Kesehatan Terpercaya
No.1 Di Indonesia
Alodokter adalah perusahaan kesehatan digital nomor satu di
Indonesia dengan lebih dari 18 juta pengguna aktif setiap bulannya. Kehadiran
Alodokter di Indonesia sejak 2014 lalu telah mengubah poros layanan kesehatan
Indonesia secara signifikan dalam penyediaan informasi medis yang mudah
dipahami, akurat, dan dapat diakses oleh siapa saja. Semua informasi disusun
oleh tim dokter dalam bahasa Indonesia.
Menyediakan Layanan Kesehatan
Yang Dapat Diakses Oleh Seluruh Lapisan Masyarakat Sebagai perusahaan dengan pertumbuhan
tercepat se-Asia Tenggara, layanan medis Alodokter terintegrasi secara lengkap
untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia: konten kesehatan
terkini, chat bersama dokter, online booking platform untuk konsultasi dengan
dokter dan/atau mencari rumah sakit pilihan, dan platform yang didedikasikan
khusus untuk para dokter Indonesia guna meningkatkan kualitas layanan terbaik.
Alodokter - Masa Depan Kesehatan
Indonesia Yang Berkualitas Seluruh layanan Alodokter tersedia dalam versi web
dan mobile app dengan respon layanan cepat, serta dukungan dokter umum maupun
spesialis berpengalaman yang tersebar di seluruh Indonesia. Alodokter membantu
masyarakat Indonesia dalam membuat keputusan terbaik terkait kesehatan diri dan
keluarga tercinta.
Terakhir diperbarui: 20 Agustus 2018
Referensi ;
Komentar
Posting Komentar